Alpro Bagian 2 – Operator dan Runutan - Menu

Breaking

Monday, March 5, 2018

Alpro Bagian 2 – Operator dan Runutan


1. Buatlah algoritma dan program yang memasukkan dua buah nilai integer 10 dan 6. Kemudian melakukan operasi Aritmetika kepada dua buah bilangan tersebut
Algoritma:
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] ALGORITMA 1Aritmatika
{ Buat program yang menggunakan operator aritmetika
+ – * div mod pada bilangan bulat}
VAR
BilanganBulat1: Integer
BilanganBulat2: Integer
HasilBilanganBulat: Integer
BEGIN
BilanganBulat1 <– 10
BilanganBulat2 <– 6
OUTPUT(BilanganBulat1)
OUTPUT(BilanganBulat2)
HasilBilanganBulat <– BilanganBulat1 + BilanganBulat2
OUTPUT(HasilBilanganBulat)
HasilBilanganBulat <– BilanganBulat1 – BilanganBulat2
OUTPUT(HasilBilanganBulat)
HasilBilanganBulat <– BilanganBulat1 div BilanganBulat2
OUTPUT(HasilBilanganBulat)
HasilBilanganBulat <– BilanganBulat1 * BilanganBulat2
OUTPUT(HasilBilanganBulat)
HasilBilanganBulat <– BilanganBulat1 mod BilanganBulat2
OUTPUT(HasilBilanganBulat)
END
[/sourcecode]
Pascal:
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] PROGRAM 1Aritmatika;</pre>
<pre>{ Buat program yang menggunakan operator aritmetika
+ – * div mod pada bilangan bulat }
USES crt;
VAR
BilanganBulat1: Integer;
BilanganBulat2: Integer;
HasilBilanganBulat: Integer;
BEGIN
CLRSCR;
BilanganBulat1 := 10;
BilanganBulat2 := 6;
WRITELN(‘BilanganBulat1: ‘,BilanganBulat1);
WRITELN(‘BilanganBulat2: ‘,BilanganBulat2);
HasilBilanganBulat := BilanganBulat1 + BilanganBulat2;
WRITELN(‘Hasil Penambahan kedua bilangan: ‘,HasilBilanganBulat);
HasilBilanganBulat := BilanganBulat1 – BilanganBulat2;
WRITELN(‘Hasil bilangan1 dikurangi bilangan2: ‘,HasilBilanganBulat);
HasilBilanganBulat := BilanganBulat1 div BilanganBulat2;
WRITELN(‘Hasil bilangan1 dibagi bilangan2: ‘,HasilBilanganBulat);
HasilBilanganBulat := BilanganBulat1 * BilanganBulat2;
WRITELN(‘Hasil Perkalian kedua bilangan: ‘,HasilBilanganBulat);
HasilBilanganBulat := BilanganBulat1 mod BilanganBulat2;
WRITELN(‘Sisa pembagian modulo bilangan1 dibagi bilangan2 : ‘,HasilBilanganBulat);
READLN;
END.
[/sourcecode]
2. Buatlah algoritma yang menerima inputan dua buah bilangan bulat, kemudian tunjukkan contoh penggunaan operator relasional dan logika
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] ALGORITMA RelasionalLogika
{ Buat algoritma yang menggunakan operator relasional dan logika }
VAR
in1, in2, in3 : Integer
bool1, bool2 : Boolean
BEGIN
in1 <– 15
in2 <– 19
OUTPUT(‘nilai in1 : ‘,in1)
OUTPUT(‘nilai in2 : ‘,in2)
bool1 <– in1 < in2
OUTPUT(‘in1 lebih kecil daripada in2 ‘,bool1)
bool1 <– in1 > in2
OUTPUT(‘in1 lebih besar daripada in2 ‘,bool1)
bool2 <– (in1 = in2) AND (in1 < in2)
OUTPUT(‘(in1 = in2) AND (in1 < in2) bernilai ‘,bool2)
bool2 <– (in2 = in1) OR (in2 > in1)
OUTPUT(‘(in2 = in1) OR (in2 > in1) bernilai’,bool2)
END
[/sourcecode]
3. Buat algoritma yang menerima inputan jarak tempuh dan kecepatan, kemudian meng-outputkan waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] ALGORITMA MenghitungKecepatan
{ Buat algoritma yang menerima inputan jarak tempuh dan kecepatan
kemudian meng-outputkan waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya
}
VAR
iJarak,iKecepatan, iWaktu: Real
BEGIN
OUTPUT(‘Masukkan jarak yg akan ditempuh (dalam km): ‘)
INPUT(iJarak)
OUTPUT(‘Masukkan kecepatan kendaraan (dalam km/jam): ‘)
INPUT(iKecepatan)
iWaktu = iJarak DIV iKecepatan
OUTPUT(iWaktu)
END
[/sourcecode]
4. Buatlah algoritma untuk menghitung luas segitiga
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] ALGORITMA MenghitungLuasSegitiga
{algoritma yang menerima inputan alas dan tinggi untuk menghitung luas segitiga}
VAR
fAlas, fTinggi, fLuas: Real
BEGIN
OUTPUT(‘Masukkan Alas: ‘)
INPUT(fAlas)
OUTPUT(‘Masukkan Tinggi: ‘)
INPUT(fTinggi)
fLuas = 0.5 * fAlas * fTinggi
OUTPUT(‘Luas segitiga adalah:’)
OUTPUT(fLuas)
END
[/sourcecode]
5. Buat algoritma yang meminta inputan 5 buah jari-jari kemudian meng-outputkan luas lingkaran
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”] ALGORITMA Luas5Lingkaran
{Algoritma yang menerima inputan 5 buah jari-jari kemudian mengoutputkan luas 5 buah lingkaran tersebut}
VAR
fR1, fR2, fR3, fR4, fR5: REAL
fLuas1, fLuas2, fLuas3, fLuas4, fLuas5: REAL
BEGIN
OUTPUT(‘Masukkan jari-jari lingkaran 1: ‘)
INPUT(fR1)
OUTPUT(‘Masukkan jari-jari lingkaran 2: ‘)
INPUT(fR2)
OUTPUT(‘Masukkan jari-jari lingkaran 3: ‘)
INPUT(fR3)
OUTPUT(‘Masukkan jari-jari lingkaran 4: ‘)
INPUT(fR4)
OUTPUT(‘Masukkan jari-jari lingkaran 5: ‘)
INPUT(fR5)
fLuas1 = 3.14 * fR1 * fR1
fLuas2 = 3.14 * fR2 * fR2
fLuas3 = 3.14 * fR3 * fR3
fLuas4 = 3.14 * fR4 * fR4
fLuas5 = 3.14 * fR5 * fR5
OUTPUT(‘ Luas lingkaran 1 : fLuas1)
OUTPUT(‘ Luas lingkaran 2 : fLuas2)
OUTPUT(‘ Luas lingkaran 3 : fLuas3)
OUTPUT(‘ Luas lingkaran 4 : fLuas4)
OUTPUT(‘ Luas lingkaran 5 : fLuas5)
END
[/sourcecode]
6. Buat algoritma yang menukarkan kedua buah isi gelas
[sourcecode language=”delphi” wraplines=”true” collapse=”true”]
ALGORITMA TukarGelas
{membuat algoritma tukar gelas Kopi Areng dan Jamu Sido Muncul
berikan ilustrasinya dulu, buat tabel dry run, lalu buat algoritmanya}
VAR
gelas1 : String
gelas2 : String
gelas3 : String
BEGIN ALGORITMA
//pertama gelas diisi teh dan sirup
gelas1 <– "Kopi Areng"
gelas2 <– "Jamu Sido Muncul"
//pada state awal apa isi gelas1 dan gelas2 adalah
OUTPUT(gelas1)
OUTPUT(gelas2)
//proses: tukarkan isi gelas teh dan sirup
gelas3 <– gelas1
gelas1 <– gelas2
gelas2 <– gelas3
//pada state akhir, apa isi gelas1, gelas2 ?
OUTPUT(gelas1)
OUTPUT(gelas2)
END ALGORITMA
[/sourcecode]
7. Tabel Dry Run dan Sequence

 

No comments:

Post a Comment